Wahyuni, Restu (2011) Kontribusi Minat dan Persepsi Siswa tentang Materi Ajar Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X Semester II di SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RESTU WAHYUNI_88357_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RESTU WAHYUNI_88357_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RESTU WAHYUNI_88357_2011.pdf
Download (611kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa hasil belajar siswa dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Hasil belajar ini di pengaruhi oleh materi ajar dan minat belajar. Untuk membuktikan kontribusi masing-masing faktor maka dilakukan suatu penelitian yang berbentuk kuantitatif deskriptif. Melihat gejala tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu seberapa besar kontribusi antara minat dan materi ajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar TIK kelas X Semester II di SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok. Hipotesis penelitian ini adalah minat belajar berkontribusi terhadap hasil belajar TIK, materi ajar berkontribusi terhadap hasil belajar TIK, kemudian minat belajar dan materi ajar secara besama-sama berkontribusi terhadap hasil belajar TIK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok sebanyak 73 siswa. Sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok yang berjumlah 73 dengan menggunakan teknik rondom sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Program SPSS (Statistik Product and Service Solution) versi 17.0. Hasil Pengolahan data didapatkan (1) Hipotesis pertama, hasil analisis uji-t didapat t sebesar 4,7385, sedangkan t sebesar 1,994 dengan df = n – 2 pada taraf signifikansi 0.025 dengan ketentuan t > t , berarti terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel dengan R 2 (R Square) sebesar 0.240 (2) Hipotesis kedua, hasil analisis uji–t didapat t sebesar 2,4719 sedangkan t sebesar 1,994 dengan df = n – 2 pada taraf signifikansi 0.025 dengan ketentuann t > t berarti terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel dengan R 2 (R Square) sebesar 0.079 (3) Hipotesis ketiga, dari analisis diperoleh F sebesar 11,68 sedangkan F sebesar 3.128 dengan df1 = jumlah variabel-1 dan df2 = (n-k-1), pada taraf signifikan 0.05 dengan ketentuan F > F , berarti terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel dengan R 2 (R Square) sebesar 0,299. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik random sampling Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kubung |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 08:55 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 08:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25450 |