Keterampilan Membaca Grafik Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Padang

Maino, Restu (2009) Keterampilan Membaca Grafik Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RESTU MAINO 63898-05-09.pdf] Text
final_B1_RESTU MAINO 63898-05-09.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca grafik siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 44 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif atau pilihan ganda. Data dianalisis secara kuantitatif berdasarkan langkah-langkah analisis sebagai berikut: (1) penyekoran, (2) tabulasi data, (3) menghitung persentase keterampilan siswa, dan (4) menyimpulkan hasil deskripsi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca grafik siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang tergolong lebih dari cukup (72,18) dalam rentangan (1--100). Indikator yang sudah dipahami secara baik oleh siswa adalah memahami ide utama grafik dan memahami ide-ide rincian berkaitan dengan judul grafik dan indikator yang belum dipahami secara baik oleh siswa adalah memahami keterkaitan antardata dan menyimpulkan informasi dari grafik. Sesuai dengan simpulan penelitian, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia hendaknya memberikan penekanan kepada indikator memahami keterkaitan antardata dan menyimpulkan informasi dari grafik dalam keterampilan membaca grafik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca grafik,Siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang,Pendidikan Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:55
Last Modified: 24 Sep 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25447

Actions (login required)

View Item
View Item