Maisa, Restu Gusti (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 24 Gunung Rajo Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RESTU GUSTI MAISA 17129073.pdf [thumbnail of final_B1_RESTU GUSTI MAISA 17129073.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RESTU GUSTI MAISA 17129073.pdf
Download (488kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran yang berpusat pada si swa (student centered) kurang terlihat, siswa terlihat kurang aktif dalam proses pembelajaran, kemampuan siswa terhadap permasalahan yang dihadapinya masih kurang terlihat, keberanian siswa berbicara untuk mengungkapkan pendapat masih kurang terlihat, rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik menggunakan model Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N 24 Gunung Rajo yang berjumlah 20 orang. Data penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil pengamatan RPP siklus I memperoleh skor 83% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II dikarenakan guru telah membuat RPP yang sesuai dengan tuntutan sehingga memperoleh skor 94% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I diperoleh skor 84% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II dikarenakan guru telah memperbaiki kekurangan pada siklus sebelumnya sehingga memperolehan skor 94% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa siklus I diperoleh skor 82% dengan kualifikasi baik, peningkatan dikarenakan guru telah memperbaiki proses pelaksanaan pembelajaran sehingga pada siklus II memperoleh skor 91% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata 77 dengan kualifikasi cukup mengalami peningkatan pada siklus II 84 dengan kualifikasi baik yaitu dari segi pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa semakin meningkat dari siklus I sampai siklus II dimana selain hasil belajar dan keterampilan siswa, sikap siswa juga meningkat dari sikap sosial dan dpiritualnya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V SD N 17 Bonjo Alam Ampek Angkek.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Snowball Throwing, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 08:55 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 08:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25446 |