Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sistem Pendaftaran Akademik Secara Online Pada Universitas Negeri Padang Tahun 2009

Amri, Hefri Angelia (2011) Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sistem Pendaftaran Akademik Secara Online Pada Universitas Negeri Padang Tahun 2009. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HEFRI_ANGELIA_AMRI_79336_663_2011.pdf] Text
final_B1_HEFRI_ANGELIA_AMRI_79336_663_2011.pdf

Download (822kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa
terhadap pelayanan sistem pendaftaran akademik secara online pada Universitas
Negeri Padang tahun 2009 dilihat dari dimensi kualitas sistem dan dimensi
kualitas informasi, serta menganalisis perbedaan kepuasan antara mahasiswa baru
dengan mahasiswa lama (melakukan pendaftaran berulang) terhadap pelayanan
sistem pendaftaran akademik secara online pada Universitas Negeri Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yang
menggambarkan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan sistem pendaftaran
akademik secara online pada Universitas Negeri Padang tahun 2009. Populasi
penelitian ini sebanyak 30.902 dan diambil menjadi sampel sebanyak 395
mahasiswa melalui penarikan sampel dengan rumus Slovin dan teknik
pengambilan sampel menggunakan stratified proportionate random sampling.
Pengumpulan data menggunakan angket model skala likert. Data yang terkumpul
dianalisis menggunakan analisis importance-performance matriks dan diposisikan
dalam diagram kartesius.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap
pelayanan sistem pendaftaran akademik secara online dilihat dari dimensi kualitas
sistem sebesar 79,42% dan dimensi kualitas informasi sebesar 81,62%. Pada
diagram kartesius diketahui indikator yang telah memberikan kepuasan kepada
mahasiswa yaitu indikator kemudahan untuk digunakan, keamanan sistem,
keakuratan informasi, ketepatan waktu, kelengkapan informasi, dan penyajian
informasi. Sedangkan, indikator yang belum memberikan kepuasan yaitu
indikator kemudahan akses dan kecepatan akses. Hasil penelitian menunjukkan
terdapat perbedaan kepuasan antara mahasiswa baru dengan mahasiswa lama
setelah dilakukan uji t-test.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan mahasiswa Universitas
Negeri Padang pada umumnya puas terhadap pelayanan sistem pendaftaran
akademik secara online baik dari dimensi kualitas sistem maupun dimensi kualitas
informasi dan terdapat perbedaan kepuasan antara mahasiswa baru dan mahasiswa
lama terhadap pelayanan sistem pendaftaran akademik secara online. Dengan
demikian, disarankan kepada Universitas Negeri Padang supaya meningkatkan
pelayanan pendaftaran akademik online yang belum memberikan kepuasan
dengan menambah bandwitdh untuk kecepatan akses, dan pelayanan yang telah
memberikan kepuasan supaya tetap dipertahankan pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:46
Last Modified: 24 Sep 2025 08:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25424

Actions (login required)

View Item
View Item