The Implementation of the School- Based Curriculum Related to Grammar Teaching at SMP N 3 Solok

Sari, Resti Prima (2011) The Implementation of the School- Based Curriculum Related to Grammar Teaching at SMP N 3 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RESTI_PRIMA_SARI_67444_5988_2011.pdf] Text
final_B1_RESTI_PRIMA_SARI_67444_5988_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru Bahasa Inggris menerapkan KTSP pada pengajaran grammar. Populasi penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris kelas VIII dan kelas IX semester Juli- Desesember tahun ajaran 2010/ 2011 di SMP N 3 Kota Solok berjumlah 4 orang. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik total sampling yang mana seluruh populasi dijadikan sample. Hal ini mengingat jumlah populasi cukup sedikit dan hasil penelitian diharapkan dapat menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Data dikumpulkan melalui format observasi yang terdiri dari 2 indikator yang dikembangkan menjadi 15 sub indikator dengan pilihan skala Linkert. Untuk melengkapi data, wawancara juga dilakukan sebagai instrumen. Wawancara pada intinya untuk mendapatkan informasi tentang strategi yang digunakan guru dalam mempersiapkan materi ajar. Analisis data dilakukan dengan dengan analisis deskriptif dan dilengkapi dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa komponen yang dilakukan dalam melaksanakan aktivitas pada pengajaran grammar menurut KTSP menunjukkan persentase pelaksanaan yang bervariasi. Data menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris di SMP N 3 Solok, 65% mengimplementasikan aktivitas grammatical feature dengan 75% menerapan pendekatan deduktif, 53,57% menerapkan pendekatan induktif, dan strategi yang digunakan dalam mempersiapkan materi ajar bervariasi; adopting, adapting, and developing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SMP N 3 Solok mengimplementasikan KTSP pada pengajaran tata bahasa meskipun belum terlaksana dengan baik. Hasil penelitian ini diharapkan pada guru- guru Bahasa Inggris agar mempertimbangkan penerapan KTSP berkaitan dengan pengajaran grammar di SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan),Guru Bahasa Inggris,SMP N 3 Kota Solok
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:45
Last Modified: 24 Sep 2025 08:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25422

Actions (login required)

View Item
View Item