Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Berbentuk Power Point Dalam Setting Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok

Hayatunnisa, Hayatunnisa (2011) Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Berbentuk Power Point Dalam Setting Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HAYATUNNISA-77522-2011.pdf] Text
final_B1_HAYATUNNISA-77522-2011.pdf

Download (398kB)

Abstract

Dalam pembelajaran IPA fisika untuk konsep cahaya di SMP, guru masih
mengalami berbagai permasalahan seperti padatnya materi, abstraknya konsep,
dan kurangnya alat laboratorium yang dapat digunakan disekolah ini. Hal ini
mengakibatkan fisika dirasakan sulit sehingga berdampak pada rendahnya hasil
belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media
audiovisual berbentuk power point terhadap hasil belajar fisika untuk konsep
cahaya di SMP Negeri 2 kota Solok.
Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan rancangan
Randomized Control Group Only Design dengan teknik sampling yang digunakan
adalah Cluster Sampling. Untuk mendapatkan data hasil belajar pada ranah
kognitif digunakan tes hasil belajar, untuk ranah afektif dan psikomotor digunakan
lembar observasi. Instrumen yang digunakan setelah dilakukan ujicoba untuk tes
hasil belajar berupa tes objektif dengan reliabilitas 0,7806 yang memiliki kriteria
tinggi. Sedangkan instrument untuk ranah afektif dan psikomotor dijabarkan
berdasarkan indikator pembelajaran. Teknik analisis hasil belajar yang digunakan
adalah uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah
kognitif, afektif dan psikomotor.
Hasil belajar siswa pada ranah kognitif untuk kelas eksperimen
memperoleh rata-rata 64,49 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 60,03.
Dilihat dari ranah afektif, kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, demikian
pula untuk ranah psikomotor, kelas eksperimen memperoleh rata-rata 73,19 dan
kelas kontrol 69,89. Oleh karena itu, hipotesis kerja yang berbunyi ” Terdapat
Pengaruh yang Berarti Penggunaan Media Audiovisual Berbentuk Powerpoint
dalam setting pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap
Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMPN 2 Kota Solok” pada ranah kognitif
dan psikomotor secara kuantitatif serta ranah afektif secara kualitatif dapat
diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian penggunaan media audiovisual
berbentuk powerpoint dalam setting pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy,
Repetition) dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada ranah kognitif,
ranah afektif, dan ranah psikomotor

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:45
Last Modified: 24 Sep 2025 08:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25419

Actions (login required)

View Item
View Item