“Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Canduang dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together)

Amelia, Resti (2011) “Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Canduang dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RESTI_AMELIA_83460_4521_2011.pdf] Text
final_B1_RESTI_AMELIA_83460_4521_2011.pdf

Download (448kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat fenomena yang terjadi di lapangan. Pertama, masih sedikit siswa yang berperan serta aktif dalam kegiatan diskusi. Kedua, secara keseluruhan siswa belum terampil mengungkapkan pikiran, pendapat, dan perasaan mereka dalam kegiatan diskusi di dalam kelas. Ketiga, kemampuan berbicara siswa masih berada di bawah KKM yang ditetapkan sekolah. Keempat, metode yang selama ini dilaksanakan guru belum efektif memotivasi siswa untuk terampil berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Canduang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Canduang yang berjumlah 33 orang, terdiri dari 19 laki-laki dan 14 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan dua instrumen penelitian, yaitu nontes dan tes. Nontes digunakan untuk pengumpulan data penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran berbicara, sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data peningkatan kemampuan berbicara siswa. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif-analitis sesuai dengan penerapan konsep Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kedua, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam dua siklus (enam kali pertemuan) dapat meningkatkan secara signifikan kemampuan berbicara siswa dengan rata-rata peningkatan 23,19%. Relevan dengan simpulan penelitian, direkomendasikan dua hal. Pertama, kemampuan berbicara siswa perlu ditumbuhkembangkan. Kedua, model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat digunakan dalam pembelajaran berbicara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together),Siswa kelas VIII,SMP Negeri 1 Canduang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:45
Last Modified: 24 Sep 2025 08:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25418

Actions (login required)

View Item
View Item