Hendro, Jhon (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Teknik Digital di Kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Pekanbaru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_JOHN HENDRO-80602-2012.pdf [thumbnail of final_B1_JOHN HENDRO-80602-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_JOHN HENDRO-80602-2012.pdf
Download (344kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan. KKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran Dasar Teknik Digital di SMK Negeri 2 Pekanbaru adalah ≥ 75 dengan rentang nilai 0 - 100. Kenyataan di lapangan bahwa 64,5 % siswa memperoleh nilai dibawah standard KKM atau tidak tuntas dalam belajar mata pelajaran Dasar Teknik Digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif Question Student Have pada mata pelajaran Dasar Teknik Digital serta mengemukakan berapa persen peningkatan prestasi belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Question Student Have pada mata pelajaran Dasar Teknik Digital di kelas X EI SMK Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh dari hasil belajar menerapkan sistem gerbang logika, sedangkan data sekunder adalah nilai MID Semester I siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 83 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian berjumlah 48 orang. Hasil pengolahan data didapatkan (1) Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 75,83 sedangkan kelas kontrol 65,50 Berarti terungkap bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Question Student Have pada mata pelajaran Dasar Teknik Digital memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan hasil belajar yang hanya menggunakan metode konvensional. (2) Uji Hipotesis hasil analisis uji-t didapat t dengan ketentuan t hitung hitung sebesar 3,84 dan t > t tabel tabel . 2,03 pada taraf signifikansi 0,05 . Terbukti adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Question Student Have dengan yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Strategi, Aktif Question Student Have |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 08:44 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 08:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25414 |