Dewita, Sestri (2011) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Round Robin Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa di Kelas X SMA N 1 Talamau Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SESTRI_DEWITA_73796_4251_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SESTRI_DEWITA_73796_4251_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SESTRI_DEWITA_73796_4251_2011.pdf
Download (278kB)
Abstract
Hasil belajar sosiologi siswa di SMA Negeri 1 Talamau Pasaman Barat
berada di bawah KKM yang telah ditetapkan, khususnya pada aspek pemahaman
konsep. Rendahnya hasil belajar sosiologi siswa di SMA Negeri 1 Talamau Pasaman
Barat ini disebabkan kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan guru
dalam proses pembelajaran. Pembelajaran kooperatif teknik Round Robin merupakan
salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan
tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui
pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik Round Robin terhadap
hasil belajar sosiologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Talamau Pasaman Barat.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen,
dengan desain penelitian Pretes Postest Control Group Desain. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Talamau Pasaman Barat. Sampel dalam
penelitian ini yaitu random kelompok, kelas eksperimen adalah X3 dan sebagai kelas
kontrol adalah X5.
Berdasarkan deskripsi dan analisis data yang telah dilakukan bahwa uji t
dilakukan untuk skor tes dasar materi pengendalian sosial yaitu pengertian, ciri-ciri,
sifat-sifat, tujuan, ruang lingkup, proses, fungsi, jenis lembaga, dan cara. Pada konsep
dasar pengertian diperoleh thitung 3,46 dan ttabel 2,00 pada konsep dasar ciri-ciri
diperoleh thitung 2,99 dan ttabel 2,00 pada konsep dasar sifat-sifat diperoleh thitung 4,16
dan ttabel 2,00 pada konsep dasar tujuan diperoleh thitung 4,05 dan ttabel 2,00 pada konsep
dasar ruang lingkup diperoleh thitung 3,26 dan ttabel 2,00 pada konsep dasar proses
diperoleh thitung 3,08 dan ttabel 2,00 pada konsep dasar fungsi diperoleh thitung 3,34 dan
ttabel 2,00 pada konsep dasar jenis lembaga diperoleh thitung 2,57 dan ttabel 2,00 pada
konsep dasar cara diperoleh thitung 2,41 dan ttabel 2,00 berarti model kooperatif teknik
Round Robin cocok digunakan pada konsep dasar materi. Hasil pengujian hipotesis
terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar sosiologi antara proses
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Round
Robin dengan proses pembelajaran yang tidak menggunakan teknik Round Robin
yaitu sebesar 13,147 untuk kelas eksperimen dan 7,906 untuk kelas kontrol.
Pengolahan data tes dilakukan dengan menggunakan uji t sebesar ttabel 2,00< thitung
4,62. Hasil peneilitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
kooperatif teknik Round Robin dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap
pemahaman konsep sosiologi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 08:43 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 08:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25410 |