Arina, Resi Gusta (2012) Peningkatan Hasil Belajar Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Dua Bilangan dan Tiga Bilangan dengan Strategi Belajar Aktif Tipe Belajar dari Teman di Kelas IV SD Negeri 01 Sariek Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RESI GUTA ARINA_93586_2011.pdf
Download (305kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran KPK dan FPB dua bilangan dan tiga bilangan. Hal ini disebabkan karena siswa tidak memperhatikan penjelasan yang disampaikan guru, siswa tidak berani mengajukan pertanyaan terhadap materi yang tidak dimengerti. Sehingga berdampak pada rendahnya rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu dilakukan tindakan dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe belajar dari teman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar KPK dan FPB dua bilangna dan tiga bilangan dengan strategi belajar aktif tipe belajar dari teman di kelas IV SD Negeri 01 Sariek Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus, satu kali siklus dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 01 Sariek Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 14 orang pada semester I tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian siklus I pertemuan I pada penilaian kognitif rata-rata nilai siswa 7,3, penilaian afektif rata-rata nilai siswa 6,9, dan penilaian psikomotor rata-rata nilai siswa 7. Hasil penelitian siklus I pertemuan II penilaian kognitif rata-rata nilai siswa 7,4, penilaian afektif rata-rata nilai siswa 7,1, dan penilaian psikomotor rata-rata nilai siswa 7,4. Hasil penelitian siklus II pertemuan I penilaian kognitif rata-rata nilai siswa 8,6, penilaian afektif rata-rata nilai siswa 7,8, dan penilaian psikomotor rata-rata nilai siswa 7,9. Hasil penelitian siklus II pertemuan II penilaian kognitif rata-rata nilai siswa 8,9, penilaian afektif ratarata nilai siswa 8,1, dan penilaian psikomotor rata-rata nilai siswa 8,1. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil penelitian disimpulkan hasil belajar KPK dan FPB dengan strategi belajar aktif tipe belajar dari teman di kelas IV SD Negeri 01 Sariek Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota meningkat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi belajar aktif,Belajar dari teman, |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:19 |
| Last Modified: | 24 Sep 2025 04:19 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25372 |
