Penggunaan Metode PQRST untuk meningkatkan aktivitas dan hasil Belajar Budaya Alam Minangkabau di Kelas VII 2 SMP Muhammadiyah 6 Padang

Hasmiati, Hasmiati (2011) Penggunaan Metode PQRST untuk meningkatkan aktivitas dan hasil Belajar Budaya Alam Minangkabau di Kelas VII 2 SMP Muhammadiyah 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HASMIATI-08224-2012.pdf] Text
final_B1_HASMIATI-08224-2012.pdf

Download (157kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti pada proses pembelajaran mata pelajaran Budaya
Alam Minangkabau dapat dilihat bahwa metode pembelajaran yang digunakan belum
dapat menghasilkan hasil belajar yang optimal, karena proses berfikir peserta didik tidak
terangsang. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran
Budaya Alam Minangkabau (BAM). Ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran
Budaya Alam Minangkabau (BAM) dalam satu tahun terakhir ini sangat rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Penggunaan Metode PQRST
dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Budaya Alam
Minangkabau di kelas VII.2 SMP Muhammadiyah 6 Padang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Room Action
Research). Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu Aktivitas siswa dan Hasil
Belajar Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau pada siswa kelas VII.2 SMP
Muhammadiyah 6 Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 SMP
Muhammadiyah 6 Padang yang terdaftar pada Tahun 2010/2011 dengan jumlah 38 orang
siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil
belajar. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari lembar observasi. Data tentang hasil
belajar siswa diperoleh setelah siswa mengikuti tes hasil belajar. Teknik analisa data yang
digunakan adalah teknik deskriptif persentase.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa berdasarkan hasil observasi dan pengamatan
yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar
siswa pada mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau melalui penggunaan Metode
PQRST pada setiap siklusnya yaitu Siklus I pada indikator preview ; (dari 76% meningkat
menjadi 82% siswa yang aktif), Question ; (dari 63% meningkat menjadi 68% siswa yang
aktif), Read ; (dari 55% meningkat menjadi 61% siswa yang aktif), State ; (dari 58%
meningkat menjadi 61% siswa yang aktif) dan Test ; (dari 89% meningkat menjadi 92%
siswa yang aktif). Siklus II pada indikator preview ; (dari 92% meningkat menjadi 97%
siswa yang aktif), Question ; (dari 89% meningkat menjadi 92% siswa yang aktif), Read ;
(dari 92% meningkat menjadi 100% siswa yang aktif), State ; (dari 74% meningkat
menjadi 92% siswa yang aktif) dan Test ; (dari 97% meningkat menjadi 100% siswa yang
aktif). Pada Siklus II Proses pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran
PQRST yang dilakukan pada Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau sudah
terlaksana dengan baik dan siswa aktif dalam pelajaran. Telah terdapat peningkatan hasil
belajar siswa yaitu pada Siklus I terdapat 24 siswa (63%) siswa yang tuntas dan 14 siswa
(37%) tidak tuntas, sedangkan pada Siklus II diperoleh hasil bahwa 32 siswa (84%) siswa
yang tuntas dan 6 siswa (16%) tidak tuntas. Berdasarkan KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 70 jika dibandingkan dengan nilai rata-rata KKM
kelas pada siklus II yaitu 73.47, maka dapat dikatakan hasil belajar siswa mata pelajaran
Budaya Alam Minangkabau siswa kelas VII.2 tuntas yaitu 84% (terdapat 32 siswa).
Disarankan agar guru dapat lebih memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar
yang lebih baik dan hasil belajar siswa. Guru juga dapat meggunakan metode
pembelajaran PQRST ini untuk dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata
pelajaran yang lain

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:28
Last Modified: 24 Sep 2025 04:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25367

Actions (login required)

View Item
View Item