Efektivitas Penggunaan Teknik SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Nur, Hasifah (2011) Efektivitas Penggunaan Teknik SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HASIFAH_NUR_72620_5526_2011.pdf] Text
final_B1_HASIFAH_NUR_72620_5526_2011.pdf

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal sebagai berikut. Pertama,
rendahnya motivasi dan minat siswa utuk membaca. Kedua, guru kurang kreatif
dalam menerapkan teknik pembelajaran membaca pemahaman yang tepat. Ketiga,
kemampuan membaca pemahaman siswa rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri I Ranah Batahan Kabupaten Pasaman
Barat dengan menggunakan teknik SQ3R, mendeskripsikan kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri I Ranah Batahan Kabupaten Pasaman
Barat tanpa menggunakan teknik SQ3R, dan mendeskripsikan efektivitas
kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan teknik SQ3R dan tanpa
menggunakan teknik SQ3R siswa kelas VIII SMP Negeri I Ranah Batahan
Kabupaten Pasaman Barat.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu
(quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian “randomized control-group
posttest only design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri
I Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun pelajaran
2010/2011. Sampel penelitian ini diambil dari anggota populasi, pengambilannya
menggunakan teknik purposive random sampling dan didapat dua kelas, yaitu
VIII.I sebagai kelas eksperimen dan VIII.3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian
ini adalah nilai kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri I
Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Pengumpulan data dilakukan melalui
tes. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif-analitis sesuai dengan
penerapan konsep penelitian eksperimen.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, ratarata
kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan teknik SQ3R
pada kelas eksperimen adalah 78,32 yang berkualifikasi baik. Kedua, rata-rata
kemampuan membaca pemahaman siswa tanpa menggunakan teknik SQ3R pada
kelas kontrol adalah 64,94 yang berkualifikasi cukup. Ketiga, terdapat efektivitas
yang signifikan dari penggunaan teknik SQ3R terhadap kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman
Barat karena t hitung > t tabel.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:17
Last Modified: 24 Sep 2025 04:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25354

Actions (login required)

View Item
View Item