Defatman, Rikhi Arnold (2011) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas Sepuluh di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIKHI_ARNOLD_DEFATMAN_94256_3803_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RIKHI_ARNOLD_DEFATMAN_94256_3803_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIKHI_ARNOLD_DEFATMAN_94256_3803_2011.pdf
Download (419kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan
dilapangan yaitu di SMA Negeri 2 Padang, masih banyaknya siswa kelas X yang
memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 75.
Yaitu 68,18% siswa yang berada dibawah KKM dan 31,82% siswa yang berada di
atas KKM. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu faktor internal
dan faktor eksternal, metode mengajar dan strategi pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat perbedaan antara hasil belajar dengan menggunakan
Strategi Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) dengan hasil belajar
menggunakan metode pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan
pendekatan Quasy Eksperimen. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa
kelas X SMA Negeri 2 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan
sampel dilakukan secara acak dengan model undian. Kelas eksperimen adalah
kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Tuntas
(Mastery Learning) dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang
menggunakan metode pembelajaran langsung. Data dikumpulkan dari tes hasil
belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis
secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil
tes penelitian di dapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan Strategi
Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) yaitu 79,03 sementara siswa yang
menggunakan metode pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 64,78 Hasil
hipotesis dengan menggunakan rumus secara manual di dapati bahwa thitung 10,208
> ttabel (1,670) pada taraf alpha 0,05, sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima
atau menolak hipotesis nihil (Ho). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata
hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata hasil belajar kelas
kontrol.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MASTERY LEARNING, STRATEGI PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN LANGSUNG, KONTROL DAN EKSPERIMEN |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:16 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 04:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25352 |