Nafrion, Nafrion (2011) Pembelajaran Musik Talempong Pacik di SMP Negeri 2 Painan Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NAFRION_08415_2159_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NAFRION_08415_2159_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NAFRION_08415_2159_2011.pdf
Download (187kB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pembelajaranmusik talempong pacik di SMP Negeri 2 Painan.Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif denganpendekatan deskriptif analisis. Instrumen utama adalah penulissendiri dengan menggunakan beberapa alat bantu dalammenghimpun data-data di lapangan seperti alat tulis, kaset, taperecorder, kamera foto. Teknik pengumpulan data yang dipakaiialah observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Analisis datadengan cara mengklasifikasikan data primer dan data sekunder.Pembelajaran pada kelas VII semester I dengan materi ajar yangsesuai dengan RPP mata pelajaran seni budaya, yang mengacupada Standar Kopetensi yaitu mengekspresikan karya senimusik.Pembelajaran musik daerah setempat (talempong pacik)dengan lagu model Cak Dindin. Pelaksanaan pembelajarandilakukan oleh guru seni budaya selama tiga minggu yangditambah dengan kegiatan jam ekstra dalam bentuk latihankelompok untuk memperlancar bermain musik. Pembelajarandilakukan menggunakan KTSP yang memakai metode:ceramah, demontrasi, latihan, dan pemberian tugas. Hasilpembelajaran dibuktikan dengan nilai-nilai siswa di atas nilairata atau cukup memuaskan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN MUSIK, TALEMPONG PACIK |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education M Music and Books on Music > ML Literature of music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:16 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 04:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25351 |