Pasar Sebagai Tempat Mencari Pacar: Studi Kasus Remaja Pencari Pacar di Pasar Muaro PanehKecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok

Yumaida, Rika (2011) Pasar Sebagai Tempat Mencari Pacar: Studi Kasus Remaja Pencari Pacar di Pasar Muaro PanehKecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIKA_YUMAIDA_89348_4945_2011.pdf] Text
final_B1_RIKA_YUMAIDA_89348_4945_2011.pdf

Download (339kB)

Abstract

Fungsi utama dari suatu pasar adalah sebagai tempat penyedia barang-barang
yang dibutuhkan oleh masyarakat dan sebagai tempat pendistribusian barang-barang
hasil pertanian oleh masyarakat di sekitarnya. Pasar Muaro Paneh yang terletak di
Kecamatan Bukit Sundi, juga memiliki fungsi sebagai tempat pendistribusian barangbarang
hasil pertanian masyarakat dan sebagai tempat penyedia barang-barang yang
dibutuhkan oleh masyarakat. Tetapi, selain fungsi yang telah dijelaskan tersebut Pasar
Muaro Paneh juga memiliki fungsi lain bagi masyarakat di sekitarnya, terutama bagi
para remaja. Fungsi tersebut yaitu pasar bagi remaja juga berfungsi sebagai tempat
untuk mencari pacar. Pertanyaan penelitian adalah mengapa remaja menjadikan
Pasar Muaro Paneh sebagai tempat untuk mencari pacar? Maka, tujuan penelitian
ini adalah menjelaskan penyebab atau alasan remaja menjadikan pasar sebagai tempat
untuk mencari pacar.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungsionalisme
struktural oleh Robert K. Merton. Asumsi dasar dari teori Merton adalah bahwa
setiap struktur dalam setiap sistem sosial, fungsional terhadap sistem lain. Kalau tidak
fungsional maka struktur itu tidak aka nada atau hilang dengan sendirinya.
Informan penelitian adalah 4 orang niniek mamak sekaligus pengelola pasar,
1 orang tokoh adat, 1 orang orang tua, 3 orang remaja yang telah menikah dengan
mendapatkan pasangan di pasar, dan 20 orang remaja yang mencari pacar di pasar.
Informan dalam penelitian ini berjumlah 29 orang. Teknik pemilihan informan
dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif, dengan tipe studi kasus, pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi pasif dan wawancara mendalam. Untuk menguji keabsahan data, peneliti
melakukan triangulasi data. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan interaktif yang dikembangkan oleh Mathew Milles dan Huberman.
Temuan di lapangan menunjukkan bahwa penyebab remaja mencari pacar di
pasar adalah: 1) kepentingan yang sama untuk mencari pasangan yang serius; 2)
pencitraan dari masyarakat sekitar yang menganggap mencari jodoh di pasar
merupakan hal yang sudah biasa; 3) tidak ada fasilitas atau sarana untuk mencari
pacar: 4) sarana rekreasi serta tempat hiburan yang jauh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:14
Last Modified: 24 Sep 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25346

Actions (login required)

View Item
View Item