Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Materi Aljabar Kelas VII SMP/MTs

Fajriyati, Rahmadhani (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Materi Aljabar Kelas VII SMP/MTs. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RAHMADHANI_FAJRIYATI_16029071_3320_2022.pdf] Text
B1_01_RAHMADHANI_FAJRIYATI_16029071_3320_2022.pdf

Download (9MB)

Abstract

Media pembelajaran interaktif merupakan penunjang proses pembelajaran
di era digital sekarang. Media interaktif membantu peserta didik membangun
pemahaman matematis mereka secara aktif. Penelitian ini bertujuan
mengembangkan media pembelajaran
interaktif berbasis pendekatan
konstruktivisme untuk materi aljabar kelas VII SMP/MTs yang valid dan praktis.
Jenis penelitian adalah pengembangan, dengan model Plomp yang terdiri
dari tiga tahap, yaitu preliminary research, development or prototyping phase dan
assesment phase. Namun, pada penelitian ini dilaksanakan pada preliminary
research dan development or prototyping phase. Tahap Preliminary research
meliputi analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis
konsep. Development or prototyping phase merupakan tahap untuk merancang
media pembelajaran interaktif. Pada Prototype 1 dilakukan self evaluation. Pada
Protoype 2 dilakukan expert reviews untuk menguji validitas media pembelajaran
interaktif. Pada Prototype 3 dilakukan one to one dengan mengujicobakan media
pembelajaran interaktif kepada tiga orang peserta didik yang berkemampuan
berbeda. Pada Prototype 4 dilakukan small group evaluation kepada sembilan
orang peserta didik. Small group evaluation dilakukan untuk mengetahui
praktikalitas media pembelajaran interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif
berbasis konstruktivisme untuk materi aljabar mempunyai tingkat validitas dengan
kategori valid, tingkat praktikalitas dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan
hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang
dihasilkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:14
Last Modified: 24 Sep 2025 04:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25344

Actions (login required)

View Item
View Item