Meningkatkan Motivasi Siswa Melalui Metode Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Praktek Vokal di SMP Negeri 10 Kerinci.

Saragih, Jenny Acorina (2014) Meningkatkan Motivasi Siswa Melalui Metode Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Praktek Vokal di SMP Negeri 10 Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JENNY_ ACORINA_ SARAGIH_96676_1431_2014.pdf] Text
final_B1_JENNY_ ACORINA_ SARAGIH_96676_1431_2014.pdf

Download (498kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang meningkatkan motivasi siswa melalui metode tutor sebaya dalam pembelajaran praktek vokal di SMP Negeri 10 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Negeri 10 Kerinci tahun ajaran 2013-2014, dengan jumlah siswa pada saat penelitian dilaksanakan adalah 24 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran praktek vokal. Siswa yang kurang dan tidak memiliki motivasi menjadi termotivasi. Analisis terhadap proses belajar, tes praktek vokal dan tes formatif menunjukkan terjadinya peningkatan motivasi, terlihat pada peningkatan hasil belajar siswa. Siswa yang biasanya kurang sportif dalam praktek vokal, akhirnya menjadi pandai, berani dan kreatif setelah termotivasi oleh tutor. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan bagi para guru dan peneliti lain dalam melaksanakan tugas pembelajaran maupun dalam penelitian lanjutan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Motivasi, Metode Tutor Sebaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:13
Last Modified: 24 Sep 2025 04:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25339

Actions (login required)

View Item
View Item