Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Berupa Mind Mapping Sebelum Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang

Rescha, Rescha (2011) Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Berupa Mind Mapping Sebelum Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RESCHA_84036_139_2011.pdf] Text
final_B1_RESCHA_84036_139_2011.pdf

Download (203kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh banyaknya permasalahan yang ditemui saat proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran yang bersifat teacher centered, banyaknya istilah latin dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran biologi mengakibatkan siswa bosan dan tidak fokus dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diberikan variasi dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu pemberian tugas rumah berupa mind mapping sebelum pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas rumah berupa mind mapping sebelum pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 7 Padang tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 5 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis terhadap hasil tes akhir, hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen 82,00 sedangkan kelas kontrol 76,69. Setelah data dianalisis didapatkan t = 2,33 dan t = 1,67. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu memberikan tugas rumah berupa mind mapping sebelum pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) berpengaruh positif berarti tabel terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif,Model Think Pair Share (TPS),Mind mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:40
Last Modified: 24 Sep 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25335

Actions (login required)

View Item
View Item