Ananda, Shafwan (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SHAFWAN_ANANDA_86414_4712_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SHAFWAN_ANANDA_86414_4712_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SHAFWAN_ANANDA_86414_4712_2011.pdf
Download (404kB)
Abstract
Pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bertujuan agar siswa
memiliki kemampuan dalam menulis karangan deskripsi. Berdasarkan hasil
pengamatan awal di SMP negeri 2 Batang Anai, diperoleh informasi bahwa siswa
mengalami kesulitan dalam menulis karangan deskripsi. Hal ini disebabkan oleh
kurangnya pengetahuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dan kurang
tepatnya model pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan
kemampuan menulis karangan deskripsi. Penggunaan model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)dalam pembelajaran
menulis karangan deskripsi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa
dalam menulis karangan deskripsi.
Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas dengan menggunakan metode
deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes tertulis siswa, hasil observasi,
hasil angket respon siswa, dan hasil catatan lapangan dalam pembelajaran.
Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat unsur,
yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/pengamatan, (4) refleksi.
Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang
berjumlah 32 orang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam pembelajaran menulis
karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC). Hal tersebut dapat dilihat
berdasarkan rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dari
prasiklus sampai siklus 2. Pada tahap prasiklus rata-rata nilai siswa yaitu 29,53%
dengan kualifikasi kurang sekali meningkat menjadi lebih dari cukup yaitu 66,8%
pada siklus 1, dan pada siklus 2 nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman
siswa meningkat menjadi 82,96 dengan kualifikasi baik. Dari hasil penelitian ini
dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menulis karangan deskripsi
dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 03:40 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25333 |