Upaya Meningkatkan Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini melalui Permainan Angka Kartu Domino di TK Al-Jannah Tarusan Pesisir Selatan

Kurniati, Jeni Esa (2011) Upaya Meningkatkan Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini melalui Permainan Angka Kartu Domino di TK Al-Jannah Tarusan Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JENI_ESA_KURNIATI_10523_2011.pdf] Text
final_B1_JENI_ESA_KURNIATI_10523_2011.pdf

Download (292kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak ditemui anak TK yang belum mengenal konsep bilangan dengan baik. Banyak faktor yang diduga sebagai penyebabnya seperti pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang tidak bervariasi, sehingga dalam belajar anak kurang bersemangat dan anak bosan. Kurangnya media/sarana penunjang yang dapat dijadikan sebagai media dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan pengelan konsep bilangan yaitu melalui permainan angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pembelajaran pengenalan konsep bilangan melalui permainan angka di TK Al-Jannah Tarusan Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak TK Al-Jannah Tarusan Pesisir Selatan yang berjumlah 17 orang anak pada tahun ajaran 2010/2011. Objek dalam penelitian ini pengenalan konsep bilangan pada anak di TK Al-Jannah melalui permainan angka.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pencatatan lapangan, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan pengenalan konsep bilangan melalui permainan angka dengan kartu domino pada kondisi awal sebesar 17.64%, pada siklus I meningkat menjadi 52.94%. anak mengenal konsep bilangan, dan pada siklus II meningkat menjadi 82.35% anak sudah mengenal konsep bilangan. Artinya permainan angka dengan menggunakan kartu domino terbukti dapat meningkatkan pengenalan konsep bilangan pada anak TK.Al-Jannah Tarusan Pesisir Selatan. Kesimpulan hasil penelitian bahwa permainan angka kartu domino terbukti dapat meningkatkan pengenalan anak tentang konsep bilangan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Konsep Bilangan, Permainan Angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:40
Last Modified: 24 Sep 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25332

Actions (login required)

View Item
View Item