Yunita, Resa (2011) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RESA_YUNITA_07522_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RESA_YUNITA_07522_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RESA_YUNITA_07522_2011.pdf
Download (194kB)
Abstract
Permasalahan yang diteliti adalah bagaimanakah penggunaan model cooperative learning tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas IV SD Negeri 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang. Berdasarkan studi pendahuluan yang diperoleh yaitu : guru masih menggunakan metode konvensional, kurang membimbing siswa dalam belajar kelompok, kurang memberikan kesempatan kepada siswa berinteraksi proses pembelajaran PKn melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigation. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yang menjadi subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan pencatatan lapangan, onservasi, dan tes. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari tes awal rata-rata kelas 6,0, tes akhir tindakan siklus I rata-rata hasil bel ajar siswa 6,0, sedangkan pada tes akhir tindakan siklus II rata-rata hasil belajar siswa yakni 8,4. pengamatanpun terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning,Model Group Investigation (GI),Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 03:40 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25330 |