Merissa, Shanty (2011) Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Modul Pengayaan pada Materi Hukum Newton untuk Kelas X Semester I di SMA N 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SHANTY MENSA-84106-2011.pdf [thumbnail of final_B1_SHANTY MENSA-84106-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SHANTY MENSA-84106-2011.pdf
Download (303kB)
Abstract
Program pengayaan di SMA membutuhkan bahan ajar yang dapat
mendukung terlaksananya pengayaan. Bahan ajar pengayaan tersebut diharapkan
mampu menambah wawasan dan pengetahuan fisika siswa lebih dalam. Bahan
ajar pengayaan fisika mengacu pada aplikasi dari hukum fisika dalam kehidupan
dan pendalaman materi melalui soal-soal yang memiliki tingkat kesukaran yang
lebih tinggi. Kenyataan yang ditemukan adalah hampir disemua sekolah tidak
melaksanakan program pengayaan sebagaimana mestinya. Salah satu alternatif
untuk terlaksananya program pengayaan dengan baik adalah dengan
mengembangkan bahan ajar pengayaan berupa modul pengayaan. Tujuan umum
dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pengayaan fisika untuk
materi Hukum Newton dan penerapannya yang valid dan efektif.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development
(R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen before-after
yang diterapkan pada objek penelitian. Sebagai objek penelitian ada dua yaitu
Modul Pengayaan Fisika pada Materi Hukum Newton dan Penerapannya dan
siswa kelas X.4 SMA N 10 Padang yang berjumlah 20 orang. Instrumen
pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasi
tenaga ahli dan tes hasil belajar. Teknik analisis produk dan data yang digunakan
adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik, analisis deskriptif, dan analisis
perbandingan berkorelasi.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil
penelitian. Pertama Modul Pengayaan Fisika yang dihasilkan memiliki validitas
tinggi dengan nilai kevalidan 89,80. Kedua, penggunaan Modul Pengayaan Fisika
pada Materi Hukum Newton dan Penerapannya dalam implementasinya pada
program pengayaan adalah efektif yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar
Fisika siswa secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 03:40 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25328 |