Mengembangkan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen di Tk Surya Pariaman

Gustia, Rika (2011) Mengembangkan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen di Tk Surya Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIKA_GUSTIA_07783_2011.pdf] Text
final_B1_RIKA_GUSTIA_07783_2011.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di
TK Surya Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan
pembelajaran sains anak melalui metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian
2penulis menemukan bahwa kemampuan sains anak masih rendah. Hal ini
disebabkan karena kurangnya kemampuan guru dalam merancang dan
memanfaatkan media pembelajaran, teknik dan metode yang digunakan guru tidak
tepat, sehingga membuat anak menjadi bosan dan tidak memahami tentang
kemampuan dasar-dasar sains. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat
mengembangkan pembelajaran sains anak adalah melalui metode eksperimen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui kegiatan
eksperimen dapat meningkatkan pembelajaran sains anak TK Surya Pariaman.
Metodologi pada penelitian ini adalah metodologi campuran (Mixing Method)
dengan pendekatan kualitatif dan kuntitatif. Penelitian dirancang untuk dua siklus.
Subjek penelitian anak kelompok B1 TK Surya Pariaman tahun pelajaran
2010/2011 sebanyak 12 orang terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 5 orang
anak laki-laki.
Data tentang pengembangan pembelajaran sains AUD melalui metode
eksperimen diperoleh dari lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi yang
dianalisis dengan teknik persentase.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Penelitian Tindakan Kelas
dilakukan dalam dua siklus I dan II. Hasil rata-rata persentase kemampuan dasardasar
sains anak melalui metode eksperimen dapat dilihat dari sebelum tindakan,
sampai pada siklus II. Siklus I dapat dilihat mulai meningkat yaitu: 30,6%, dan
pada siklus II lebih meningkat lagi yaitu: 83,3%. Kemampuan dasar-dasar sains
anak mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode eksperimen dapat
mengembangkan pembelajaran sains anak sehingga meningkatnya kemampuan
dasar-dasar sains di TK Surya Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:57
Last Modified: 24 Sep 2025 02:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25304

Actions (login required)

View Item
View Item