Ekasari, Jeli (2011) Pengaruh Penggunaan Chart Pada Pembelajaran Seni Tari Terhadap Hasil Belajar di SMA Negeri 1 Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_JELI_EKA_SARI_72896_5761_2011.pdf [thumbnail of final_B1_JELI_EKA_SARI_72896_5761_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_JELI_EKA_SARI_72896_5761_2011.pdf
Download (393kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan chart pada pembelajaran seni tari terhadap hasil belajar di SMA Negeri 1 Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional,yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2010/2011 semester II (semester genap). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang mengikuti mata pelajaran seni tari di SMA negeri 1 Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong yang berjumlah 209 orang. Sedangkan sampel yang ditarik dengan cara teknik cluster sampling yang berjumlah 46 siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Selupu Rejang. Hasil penelitian ini menujukan bahwa variabel tingkat kecenderungan media chart siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Selupu Rejang termasuk kategori tinggi dengan tingkat capaian sebesar 87% dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Selupu Rejang termasuk kategori cukup sebesar 70,8. Hal ini dapat dilihat dengan hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak karena terdapat pengaruh penggunaan chart terhadap hasil belajar siswa karena r hitung > r tabel (0,359>0,240) Dan memberikan sumbangan sebesar 19,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. . i
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Penggunaan Chart, Seni Tari Terhadap Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:21 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25282 |