Analisis Ketersediaan Indikator HOTS dalam Media Pembelajaran pada Materi Fisika SMA Kelas X Semester II

Miftahurrahmi, Miftahurrahmi (2022) Analisis Ketersediaan Indikator HOTS dalam Media Pembelajaran pada Materi Fisika SMA Kelas X Semester II. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_MIFTAHURRAHMI_18033153_2930_2022.pdf] Text
B1_05_MIFTAHURRAHMI_18033153_2930_2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu implementasi abad 21 dalam bidang pendidikan yaitu
kurikulum 2013. Keterampilan yang dimiliki dalam kurikulum 2013 adalah
keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Pembelajaran berbasis HOTS
menuntut peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Guru harus mampu
menciptakan pembelajaran aktif dan kreatif berupa media pembelajaran.
Selain itu, ketersediaan indikator HOTS belum diketahui dalam media
pembelajaran. peneliti melakukan penelitian analisis ketersediaan indikator
HOTS dalam media pembelajaran pada materi fisika SMA kelas X semester
II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan indikator
HOTS dalam media pembelajaran pada materi fisika SMA kelas X semester
II.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Populasi data penelitian adalah seluruh SMA
Negeri Se-Kota Padang . Pengambilan sampel sekolah sebanyak 16 sekolah
dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling.
Sedangkan teknik dalam pengambilan sampel media pembelajaran
menggunakan teknik non probability sampling jenisnya adalah purposive
sampling. Sampel penelitian adalah media pembelajaran yang dibuat oleh
guru yang terdiri dari 6 sekolah di SMAN Kota Padang. Data penelitian
diambil menggunakan instrumen analisis sajian media pembelajaran dengan
teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi.
Penelitian terhadap ketersediaan indikator HOTS pada media
pembelajaran fisika SMA kelas X semester II, dapat disimpulkan
ketersediaan indikator HOTS dalam media pembelajaran 36,04% masih
dikategorikan kurang tersedia. Ketersediaan indikator HOTS tertinggi
terdapat pada keterampilan berpikir kritis 45,17% dengan kategori cukup
tersedia. Ketersediaan indikator HOTS terendah terdapat pada keterampilan
pengambilan keputusan. Ketersediaan indikator HOTS berdasarkan materi
kelas X semester II tertinggi terdapat pada materi momentum dan impuls
dengan persentase 39,32% dengan kategori kurang tersedia.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Ketersediaan Indikator HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:20
Last Modified: 24 Sep 2025 02:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25278

Actions (login required)

View Item
View Item