Kontribusi Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Menguasai Dasar Teknik Digital Siswa kelas X di SMK Semen Padang

Jefrisson, Jefrisson (2011) Kontribusi Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Menguasai Dasar Teknik Digital Siswa kelas X di SMK Semen Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JEFRISON-08167-2012.pdf] Text
final_B1_JEFRISON-08167-2012.pdf

Download (230kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Untuk mata pelajaran menguasai dasar teknik digital di SMK Semen. Kenyataan dilapangan bahwa 62.5 % siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya kontribusi lingkungan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran menguasai dasar teknik digital di SMK Semen Padang . Penelitian ini merupakan deskriptif korelasional. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data skunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai lingkungan belajar dan minat belajar, sedangkan data skunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran menguasai dasar teknik digital. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Semen Padang sebanyak 40 dan SMK 1 Muhammadyah padang yang berjumlah 30. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X SMK Semen padang yang berjumlah 40 dengan menggunakan teknik sampling non-probability. Data dianalisi dengan menggunakan Program SPSS (Statistik Product and Service Solution) versi 15.0. Hasil Pengolahan data didapatkan (1) Hipotesis pertama, hasil analisis uji-t didapat t hitung sebesar 5,879 sedangkan t tabel sebesar 1.687 dengan df = n – 2 pada taraf signifikansi 0.05 dengan ketentuan t hitung > t tabel, berarti terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel dengan r 2 (R Square) sebesar 0.476 (2) Hipotesis kedua, hasil analisis uji –t didapat t hitung sebesar 4.110 sedangkan t tabel sebesar 1.687 dengan df = n – 2 pada taraf signifikansi 0.005 dengan ketentuann t hitung > t tabel berarti terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel dengan r diperoleh F hitung 2 (R Square) sebesar 0.308 (3) Hipotesis ketiga, dari analisis sebesar 32.845 sedangkan Ftabel sebesar 3.252 dengan df 2 (n-k1), pada taraf signifikan antara variabel dengan r 2 (R Square) sebesar 0,640. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Minat Belajar, MDTD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:20
Last Modified: 24 Sep 2025 02:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25276

Actions (login required)

View Item
View Item