Asra, Jefri (2011) Penerapan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Koloid Di SMA Negeri 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_JEFRI ASRA_84194_2011.pdf [thumbnail of final_B1_JEFRI ASRA_84194_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_JEFRI ASRA_84194_2011.pdf
Download (5MB)
Abstract
Kurangnya aktivitas belajar mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid adalah penerapan media pembelajaran dengan menggunakan teknik probing. Dari permasalahan tersebut, dirumuskan suatu masalah yaitu apakah penerapan media pembelajaran dengan menggunakan teknik probing dapat meningkatkan aktivitas dan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid di SMA Negeri 2 Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran dengan menggunakan teknik probing terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Kelas sampel diambil secara purposive random sampling, sehingga diperoleh kelas XI IPA1 sebagai kelas sampel. Aktivitas belajar siswa diukur dengan menggunakan lembar observasi yang diisi oleh observer. Lembar observasi berisi beberapa kegiatan yang merupakan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa diukur dengan membandingkan nilai pretes dan postes. Hasil perbandingan tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 dan tingkat kepercayaan 95% pada derajat kebebasan (dk) 38. Dari analisis data, diperoleh t hitung = 47,60 dan t tabel = 1,70. Karena t hitung > t tabel , maka hipotesis penelitian diterima dengan kesimpulan bahwa : 1. Aktivitas siswa meningkat setelah dilakukan pembelajaran penerapan media dengan menggunakan teknik probing. 2. penerapan media pembelajaran dengan menggunakan teknik probing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Probing, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:19 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25272 |