Pembuatan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui E-Learning pada Materi Hukum Newton, Usaha dan Energi Kelas X di SMAN 6 Padang

Khaira, Miftahul (2018) Pembuatan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui E-Learning pada Materi Hukum Newton, Usaha dan Energi Kelas X di SMAN 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_MIFTAHUL_KHAIRA_14033034_376_2018.pdf] Text
B1_05_MIFTAHUL_KHAIRA_14033034_376_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa belum optimalnya pencapaian
kompetensi pengetahuan dan keterampilan fisika siswa di sekolah. Salah satu
faktor penyebabnya yaitu kurang optimalnya pelaksanaan praktikum untuk setiap
kompetensi dasar yang ada didalam kurikulum. Solusi yang dapat dilakukan
adalah dengan melakukan praktikum menggunakan virtual laboratory. Agar
kegiatan praktikum menggunakan virtual laboratory mudah dipahami oleh siswa,
kerja siswa lebih sistematis dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan maka
diperlukan sebuah LKS sebagai petunjuk praktikum. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menghasilkan LKS berbasis virtual laboratory melalui e-learning
pada materi hukum Newton, usaha dan energi yang layak digunakan dalam
pembelajaran.
Sehubungan dengan uraian tersebut, untuk memenuhi tujuan yang ada maka
dilakukan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model
pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan dissaminate.
Namun, dari empat tahap yang ada penelitian ini dibatasi sampai tahap ketiga
yaitu tahap develop karena keterbatasan waktu. Objek penelitian adalah LKS
berbasis virtual laboratory melalui e-learning pada materi hukum Newton, usaha
dan energi yang diujicobakan kepada siswa kelas X SMAN 6 Padang. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar uji validitas, lembar uji
praktikalitas dan lembar uji efektivitas. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis deskriptif menggunakan grafik.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil
penelitian. Pertama, LKS berbasis virtual laboratory melalui e-learning pada
materi hukum Newton, usaha dan energi kelas X valid dengan nilai rata-rata
validitas 88,81. Kedua, LKS berbasis virtual laboratory melalui e-learning pada
materi hukum Newton, usaha dan energi kelas X praktis digunakan dalam
pembelajaran dengan nilai rata-rata praktikalitas yaitu 79,08 oleh guru dan 80,19
oleh siswa. Ketiga, LKS yang dibuat terbukti efektif digunakan dalam
pembelajaran sebab nilai yang didapatkan lebih kecil dari nilai . Nilai
sebesar -19,03 dan nilai sebesar 1,71. Hal ini menunjukkan bahwa
LKS berbasis virtual laboratory melalui e-learning pada materi hukum Newton,
usaha dan energi efektif digunakan dalam pembelajaran Fisika di kelas X SMAN
6 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS Berbasis Virtual Laboratory
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:19
Last Modified: 24 Sep 2025 02:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25270

Actions (login required)

View Item
View Item