Juputra, Jecky Prima (2009) Tinjauan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Penjas Orkes di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rao. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_JECKY PRIMA JUPUTRA_86070_2009.pdf [thumbnail of final_B1_JECKY PRIMA JUPUTRA_86070_2009.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_JECKY PRIMA JUPUTRA_86070_2009.pdf
Download (183kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan khususnya pada SMA Negeri 1 Rao, Kinerja Guru dalam pembelajaran penjas orkes di sekolah menengah atas Negeri 1 Rao kurang terlaksana. Ini dapat di lihat dengan masih banyak guru penjas orkes yang belum mengunakan perencanaan pembelajaran, belum menggunakan metode secara baik dan belum melaksanakan evaluasi secara baik sehinggga proses pembelajaran tidak berjalan secara sistematis dan terarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai : 1) Perencanaan proses pembelajaran oleh guru penjas di SMA Negeri 1 Rao belum sesuai dengan KTSP, 2) Proses pembelajaran oleh guru penjas di SMA Negeri 1 Rao belum sempurna, 3) Evaluasi pembelajaran yang di berikan guru penjas di SMA Negeri 1 Rao belum berjalan dengan baik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMA Negeri 1 Rao yang terdiri dari 104 orang, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sebesar 25% dari populasi yang ada. Adapun ampel yang di jadikan dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMA Negeri 1 Rao yang berjumlah 40 orang. Alat yang di gunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui angket (kuesioner) Skla Gutman, ya 2 tidak 1 kemudian analisa data menggunakan tabulasi frekuensi. Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) 95% guru penjas orkes pada SMA Negeri 1 Rao telah membuat perencanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum yaitu KTSP, 2) 93.3% guru penjas orkes pada SMA Negeri 1 Rao telah melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan kurikulum yaitu KTSP, 3) 86.41% guru penjas ada SMA Negeri 1 Rao sudah melakukan evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum (KTSP). Jadi kesimpulannya maka guru penjas orkes pada SMA Negeri 1 Rao sudah memahami bagaimana melaksankan pembelajaran penjas orkes berdasarkan KTSP. Berdasarkan temuan penelitian dari ketiga variabel ditemukan baik, dari observasi kelapangan sebelum penelitian diatas kurang, mungkin disebabkan variabel yang lain belum di teliti.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru, Pembelajaran Praktek Penjasorkes |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:16 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25256 |