Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Sijunjung

Wirdalita, Reni (2011) Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RENI_WIRDALITA_76946_1813_2011.pdf] Text
final_B1_RENI_WIRDALITA_76946_1813_2011.pdf

Download (959kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kritis yang harus dikuasai dan diaktualisasikan dalam menulis argumentasi siswa di sekolah. Karena menulis sebagai keterampilan yang kompleks terutama tulisan argumentasi sangat membutuhkan kemampuan berpikir kritis yang baik agar tulisan tersebut dapat meyakinkan dan mempengaruhi pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil deskripsi tentang hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 5 Sijunjung. Kedua, kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Sijunjung. Ketiga, hubungan kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Sijunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif bertujuan membuat gambaran, lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai data. Melalui metode ini peneliti dapat mengetahui secara spesifik kemampuan subjek yang menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian ini berjumlah 34 orang yang diambil berdasarkan persentase jumlah siswa per kelas. Data penelitian diperoleh melalui tes berpikir kritis dan tes unjuk kerja menulis argumentasi. Kemudian, data yang sudah terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, memberi skor hasil tes berpikir kritis dan hasil tulisan argumentasi siswa. Kedua, mengubah skor tes kemampuan berpikir kritis dan kemampuan menulis argumentasi siswa menjadi nilai. Ketiga, menentukan nilai rata-rata hitung kemampuan berpikir kritis dan menulis argumentasi. Keempat, mengkonversikan nilai ke dalam skala sepuluh. Kelima, membuat histogram per aspek yang dinilai. Keenam, menganalisa korelasi dengan rumus product moment. Ketujuh, pengujian hipotesisi. Kedelapan, menyimpulkan hasil pembahasan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Sijunjung. Nilai-nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 5 Sijunjung 58,7 berada pada kualifikasi cukup (C). Selanjutnya nilai rata-rata kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Sijunjung 67,2 berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis,Menulis argumentasi,SMA Negeri 5 Sijunjung
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:15
Last Modified: 24 Sep 2025 02:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25254

Actions (login required)

View Item
View Item