Oktora, Reni (2012) Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Mata Pelajaran Statika Dasar I Kelas X Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RENI_OKTORA_85032_455_2012.pdf [thumbnail of final_B1_RENI_OKTORA_85032_455_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RENI_OKTORA_85032_455_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMK Negeri 1 Bukittinggi, masih banyaknya siswa kelas X Teknik Bangunan yang memperoleh hasil belajar di bawah Standar Kriteria Minimum (KKM) pada mata pelajaran Statika Dasar 1 yang ditetapkan Sekolah yaitu 75,00 dengan rentangan 0 - 100. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu media yang digunakan dalam proses belajar mengajar, pelaksanaan pembelajaran yang kurang efisien, kurangnya aktifitas siswa dalam belajar, dan metode pembelajaran yang monoton, dll. Untuk itu dilakukan pembelajaran yang menggunakan media animasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar Statika Dasar 1 pada siswa kelas X Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media animasi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metoda konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberlakukan dengan pembelajaran yang menggunakan media animasi dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional atau tanpa menggunakan media animasi. Pengumpulan data menggunakan lembaran tes hasil belajar berupa soal essay sebanyak 7 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan SPSS versi 17.0 untuk uji normalitas, homogenitas varians dan hipotesis. Dari hasil tes penelitian di dapat nilai rata-rata siswa dengan pembelajaran menggunakan media animasi yaitu 76,77 sementara siswa yang menggunakan metode konvensional lebih rendah yaiu 71,03. Dari hasil analisis diperoleh data berdistribusi normal dan homogen pada taraf signifikansi = 0,05. Dengan nilai t sebesar 3,234 dan t tabel 2,001. Jika dilihat dari pernyataan hipotesis apabila t hitung berarti hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesi kedua (H 1 hitung ) yang diterima yaitu Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Statika Dasar 1 Kelas X Teknik Bangunan di SMK N 1 Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media animasi,Siswa kelas X Teknik Bangunan,Pengaruh media pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 08:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25242 |