Jasmiati, Jasmiati (2011) Penggunaan Pendekatan Inkuiri Dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD Negeri 10 Lingkung Kawat Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_JASMIATI_50827_4434_2011.pdf [thumbnail of final_B1_JASMIATI_50827_4434_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_JASMIATI_50827_4434_2011.pdf
Download (155kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar IPA siswa SD Negeri 10 Lingkung Kawat Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Hal ini terjadi karena guru masih menggunakan metode ekspositorik, sehingga pembelajaran IPA kurang mendapat perhatian, siswa kurang mampu memecahkan masalah. Banyak pendekatan yang dapat diterapkan guru dalam pembelajaran, diantaranya adalah pendekatan inkuiri. Pada pendekatan inkuiri siswa dilatih berpikir melalui percobaan yang dilakukannya, sehingga siswa memperoleh penemuan dari apa yang dipelajari. Hal ini menjadikan siswa mampu memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kuntitatif. Penelitian meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan adanya kolaborasi antara peneliti dengan teman sajawat sebagai observer. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan RPP, aktivitas guru, aktivatas siswa, dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 Lingkung Kawat Kec. Tanjung Emas Tahun Ajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan penggunaan pendekatan inkuiri. Hasil penelitian terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 10 Lingkung Kawat Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Pada siklus I diperoleh persentase nilai kognitif 65,4%, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 82,8%, berarti terjadi peningkatan 17,4%. Nilai afektif meningkat 20,4%, pada siklus I diperoleh 66,6%, dan pada siklus II 87%. Nilai psikomotor siklus meningkat 20,4%, dari nilai siklus I 67%, menjadi 87,4% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Inkuiri, Pembelajaran IPA SD. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:46 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 08:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25235 |