Persepsi Guru Pamong Pada SMK teknologi Dikota Padang Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Praktek PPLK FT UNP Padang

Jehan, Fuad (2011) Persepsi Guru Pamong Pada SMK teknologi Dikota Padang Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Praktek PPLK FT UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FUAD JEHAN-49021-2011.pdf] Text
final_B1_FUAD JEHAN-49021-2011.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena di lapangan yang
mengindikasikan persepsi Guru Pamong Pada SMK teknologi di Kota padang
terhadap Proses pembelajaran mahasiswa praktik PPLK FT UNP Padang relatif
rendah. Rendahnya hasil proses pembelajaran mahasiswa praktek PPLK
disebabkan banyak faktor, tetapi dari fenomena teramati diduga disebabkan
oleh faktor proses pembelajaran mahasiswa PPLK yang kurang baik. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan persepsi guru pamong pada
SMK teknologi di kota padang terhadap proses pembelajaran mahasiswa
praktek PPLK FT UNP PADANG, terhadap kontribusi masing-masing
indikator dari variabel proses pembelajaran mahasiswa PPLK FT UNP Padang
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh guru pamong pada SMK Teknologi di Kota
Padang yang berjumlah 107 orang, Sampel penelitian ini adalah proportional
random sampling, yaitu sebagian populasi diambil secara acak dan dijadikan
sampel sebanyak 51 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket
model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabelitasnya. Data diolah
dengan menggunakan teknikanalisis kuantitatif yang dijadikan dalam bentuk
angka dan persentasekan .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Distribusi indikator
pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa didalam belajar
menunujukan pencapaian hasil sebesar 4.08 .dengan kriteria sangat baik (2)
Distribusi indikator Metode Pembelajaran menunjukan pencapaian hasil
sebesar 3.81 dengan kriteria baik (3)Distribusi Pemilihan sumber Belajar
menunjukan pencapaian hasil ebesar 4.24 dengan kriteria sangat
baik(4)Distribusi indikator Pendekatan strategi pembelajaran menunjukan
pencapaian hasil sebesar 3.62 dengan kriteria baik. (5)persepsi guru pamong
terhadap semua indikator dari variabel proses pembelajaran menunjukan
pencapaian hasil sebesar 3.97 dengan kriteria baik.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Persepsi guru pamong Pada
SMK teknologi di kota Padang menunjukan kriteria yang baik dengan
pencapaian hasil sebesar 3.97 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:46
Last Modified: 23 Sep 2025 08:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25232

Actions (login required)

View Item
View Item