Persepsi Siswa tentang Interaksi Guru Dengan Siswa Pada Mata Pelajaran Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Bukittinggi

Habibullah, Habibullah (2011) Persepsi Siswa tentang Interaksi Guru Dengan Siswa Pada Mata Pelajaran Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HASBULLAH-87751-2012.pdf] Text
final_B1_HASBULLAH-87751-2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa tentang Interaksi
Guru Dengan Siswa Pada Mata Pelajaran Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik
Presisi Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Bukittinggi Tahun
Pembelajaran 2010/2011. Masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Kurangnya ketertarikan siswa dengan pelajaran Mengukur dengan Alat Ukur
Mekanik Presisi dalam proses pembelajaran dengan guru tersebut. Ada yang
mengatakan tidak enak belajar dengan guru tersebut. Ada yang merasa takut dengan
guru tersebut, mengakibatkan kurang terbukanya siswa kepada guru. Kurang nya
kesiapan siswa dalam belajar pada mata pelajaran Mengukur dengan Alat Ukur
Mekanik Presisi. Kurang nya kedisiplinan dalam belajar.
Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, Populasi penelitian adalah
siswa yang terdaftar pada semester 2 tahun ajaran Juli-Desember 2010/2011 Jurusan
Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Bukittinggi dengan jumlah populasi 94 siswa dan
sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa. Pengukuran reliabilitas bertujuan
untuk mengetahui tingkat keandalan instrumen setelah di uji coba. Untuk insrumen
yang menggunakan skala likert digunakan rumus SPSS Alpha Cronbach. Tolak
ukurnya adalah item dinyatakan memiliki tingkat reliabilitas yag tinggi jika r11 >
iii
0,329. Pelaksanaan uji coba dilaksanakan pada kelas XI yang juga pernah belajar
dengan guru yang sama dengan kelas X yang akan di teliti. dengan cara memberikan
kuesioner tersebut langsung kepada responden uji coba yang tidak termasuk ke dalam
responden penelitian.
Berdasarkan hasil data penyebaran angket pada siswa SMK Negeri 1
Bukittinggi yang dapat di lihat dari tabel di atas, menyatakan bahwasanya persepsi
siswa tentang interaksi guru dengan siswa pada mata pelajaran mengukur dengan alat
ukur mekanik presisi kelas X Teknik Mesin dalam proses belajar mengajarnya
adalah: keterbukaan nya 4,2 (Kategori Sangat Baik), saling ketergantungan 2,35
(Kategori Cukup), kebebasan berekpresi 1,65 (Kategori Jelek), menumbuhkan
semangat belajar siswa 3,26 (Kategori Baik), mengelola pembelajaran di dalam kelas
5,66 (Kategori Sangat Baik), memberikan pengarahan dan menuntun siswa dalam
blajar 4,63 (Kategori Sangat Baik), membantu mengembangkan sikap positif pada
diri siswa 3,78 (Katgori Baik). Sehingga rata-rata persepsi siswa tentang interaksi
guru dengan siswa menyatakan Baik (3,64).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:24
Last Modified: 23 Sep 2025 08:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25227

Actions (login required)

View Item
View Item