Putri, Mutiara (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Prinsip-prinsip Sugestologi Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 5 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MUTIARA_PUTRI_83481_5096_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MUTIARA_PUTRI_83481_5096_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MUTIARA_PUTRI_83481_5096_2011.pdf
Download (791kB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peningkatan keterampilan siswa kelas VII.2SMP Negeri 5 Bukittinggi dalam menulis puisi melalui prinsip-prinsip sugestologi.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswakelas VII. 2 SMP Negeri 5 Bukittinggi berdasarkan aspek bunyi, diksi, majas dancitraan yang digunakan siswa dalam puisinya.Jenis penelitian ini adalah penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(classroom action research), yang menggunakan metode kualitatif dan kuantitatifyang dilaksanaan dengan cara mixing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.2SMP Negeri 5 Bukittinggi, yang berjumlah 40 orang. Penelitian dilaksanakan dalam2 siklus yang terdiri atas empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)pengamatan, dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan ada 2 yaitu data tes dan nontes. Data tes merupakan hasil menulis puisi bebas siswa, sedangkan data non-tesdidapat dari lembaran observasi, catatan lapangan dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan, pertamapenerapan rinsip-prinsip sugestologi dalam pembelajaran menulis puisi ternyatasangat baik dilakukan. Terlihat dalam aktivitas siswa selama PBM berlangsung.Siswa sangat antusias terhadap berbagai aktifitas PBM, keaktifan siswa dalambertanya, diskusi dalam kelompok besar, merangkai diksi menjadi puisi, danmengemukakan pendapat, keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan, dan rasasenang siswa dalam PBM. Kedua, faktor-faktor yang berpengaruh terhadappeningkatan keterampilan menulis puisi bebas melalui prinsip-prinsip sugestologisiswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi, yaitu 1) ruang belajar yang nyaman, 2)penggunaan musik sebagai latar untuk meningkatkan rasa santai, 3) memasukkantanaman untuk menimbulkan kesan natural, 4) memotivasi siswa denganmemperlihatkan foto atau gambar-gambar penyair dan karya-karyanya, 5) melakukanrelaksasi untuk melepaskan beban sejenak dan bisa menimbulkan rasa nyaman bagisiswa, 6) memperdengarkan musikalisasi puisi dan memperlihatkan video untukmenimbulkan inspirasi pada diri siswa. Ketiga, penerapan prinsip-prinsip sugestologidapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII.2 SMP Negeri 5Bukittinggi. Peningkatan ini dapat dilihat pada nilai rata-rata tes prasiklus 53,5, nilairata-rata siklus 1 adalah 64, dan nilai rata-rata siklus 2 adalah 70.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN MENULIS, PUISI BEBAS |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PQ Romance literatures |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:22 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 08:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25208 |