Fajrina, Mutia (2011) Pengaruh Penggunaan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) terhadap hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaraqn Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Akabiluru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MUTIA_FAJRINA_78920_565_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MUTIA_FAJRINA_78920_565_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MUTIA_FAJRINA_78920_565_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 1 Kec.Akabiluru masih kurang efektif. Selama ini guru hanya menggunakan metodekelompok dalam pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah apakahterdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakanmetode pemberian tugas dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan metodekonvensional. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perbedaan hasilbelajar siswa yang diajar dengan metode pemberian tugas dan hasil belajar siswadengan menggunakan metode konvensional. (2) Mengetahui signifikansiperbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pemberian tugasdengan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode konvensional.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentukeksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester1 SMP Negeri 1 Kec. Akabiluru tahun pelajaran 2010/2011. Sampel dalampenelitian ini adalah siswa kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2sebagai kelas kontrol. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dataprimer, yang langsung diperoleh dari tes belajar siswa pada kedua kelas sampel.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk tes tertulis.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis uji-t .Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diberi metodepemberian tugas diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 78.17, sedangkan kelaskontrol diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 63,67. Nilai t hasil perhitunganthitung = 5.98 sedangkan ttabel dengan df 58 (29+29) pada taraf signifikan α 0,05 =2,000. Maka dapat diketahui nilai thitung lebih besar dari ttabel (5.98 > 2,000), jaditerdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang belajar denganmetode pemberian tugas dengan hasil belajar siswa yang belajar dengan metodekonvensional pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMPN 1 Payakumbuh.Dengan demikian dapat disimpulkan pada penggunaan metode pemberian tugasakan memberikan pengaruh dan hubungan yang berarti terhadap hasil belajarTeknologi Informasi dan Komunikasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, TEKNOLOGI INFORMASI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:20 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 08:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25198 |