Penggunaan Metode Bermain Peran pada Pembelajaran Pkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 52 Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang

Jamanus, Jamanus (2011) Penggunaan Metode Bermain Peran pada Pembelajaran Pkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 52 Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JAMANUS_09566_3832_2011.pdf] Text
final_B1_JAMANUS_09566_3832_2011.pdf

Download (890kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti mengajar di kelas IV SD Negeri 52 Kuranji, pembelajaran PKn masih didominasi oleh guru, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa terlihat tidak aktif dan tidak bersemangat dalam belajar. Hal ini juga menyebabkan siswa kesulitan untuk menjawab pertanyaan sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Untuk dapat meningkatkan dan menciptakan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan salah satunya dengan menggunakan metode bermain peran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan penggunaan metode bermain peran pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 52 Kuranji, Kec. Kuranji Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode bermain peran dalam peningkatan hasil belajar PKn di kelas IV SDN 52 Kuranji Kec. Kuranji Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah penelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan diskusi. Sumber data adalah proses pembelajaran Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 52 Kuranji dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I kualifikasi keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bermain peran adalah kurang kemudian pada siklus II meningkat menjadi berkualifikasi sangat baik. Rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67 dan pada siklus II meningkat menjadi 87. Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan metode bermain peran pada pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 52 Kuranji Padang dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran, Pembelajaran Pkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 23 Sep 2025 04:29
Last Modified: 23 Sep 2025 04:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25187

Actions (login required)

View Item
View Item