Lena, Hartati (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Melalui Model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together dengan menggunakan LKS Berupa Teka Teki Silang di Kelas VII-1 SMP Negeri 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HARTATI LENA-52877-2011.pdf [thumbnail of final_B1_HARTATI LENA-52877-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HARTATI LENA-52877-2011.pdf
Download (952kB)
Abstract
Aktivitas belajar biologi siswa SMP Negeri 3 Payakumbuh khususnya
kelas VII-1 sangat rendah karena kurangnya motivasi belajar siswa dan kurang
menariknya kegiatan pembelajaran. Untuk itu perlu dilakukan peningkatan
aktivitas belajar biologi siswa dengan menerapkan model Cooperative Learning
tipe Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan LKS berupa Teka
Teki Silang (TTS) di Kelas VII-1 SMP Negeri 3 Payakumbuh.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa
di kelas VII-1 SMP Negeri 3 Payakumbuh. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan
dalam dua siklus dengan subjek penelitian Kelas VII-1 SMP Negeri 3
Payakumbuh. Data yang diukur pada penelitian ini adalah aktivitas belajar biologi
yang dibagi atas tiga aspek yaitu aspek fisik, aspek verbal dan kegairahan belajar.
Kedua data penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan persentase.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa aktivitas bertanya meningkat dari 5%
pada refleksi awal menjadi 13% pada siklus I dan 44% pada siklus II, aktivitas
menanggapi pertanyaan meningkat dari 6% pada refleksi awal menjadi 35% pada
siklus I dan 44% pada siklus II, aktivitas presentasi meningkat dari 19% pada
refleksi awal menjadi 35% pada siklus I dan 42% pada siklus II, aktivitas
memperhatikan pada refleksi awal 54% meningkat menjadi 65% pada siklus I
dan 95% pada siklus II, aktivitas mengerjakan LKS 51% pada refleksi awal
meningkat menjadi 95% siklus I dan siklus II, dan sikap cepat tanggap pada
refleksi awal 0% meningkat menjadi 9% pada siklus I dan 43% pada siklus II.
Sedangkan aktivitas bercanda siswa dari 27% pada refleksi awal turun menjadi
9% pada siklus I dan menjadi 8% pada siklus II, dan sikap acuh tak acuh dari 32%
di reflkesi awal turun menjadi 9% di siklus I dan turun lagi menjadi 7% di
siklus II.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe
NHT dengan menggunakan LKS berupa TTS dapat meningkatkan aktivitas
belajar biologi siswa kelas VII-I SMP Negeri 3 Payakumbuh
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:27 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25184 |