Afdila, Reni. (2011) The Effect of Using Numbered Heads Together (NHT) towards The First Grade of SMA 1 Tilatang Kamang Students’ Speaking Ability. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RENI_AFDILA_72678_1865_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RENI_AFDILA_72678_1865_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RENI_AFDILA_72678_1865_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan di lapangan bahwa kemampuan speaking siswa kelas X SMA1 Tilatang Kamang rendah. Hal ini di indikasikan oleh nilai rat-rata speaking siswa kurang dari 60. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan speaking siswa melalui teknik belajar Cooperative Learning yaitu Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 1 Tilatang Kamang tahun ajaran 2010/2011. Sample penelitian terdiri atas dua kelas dari tujuh kelas X; Kelas experimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas kontrol dengan jumlah siswa 28 orang. Kedua kelas diberikan perlakuan berbeda dimana kelas kontrol belajar speaking dengan menggunakan teknik berkelompok biasa yang disebut Conventional Grouping sementara kelas eksperimen menggunakan teknik Numbered Heads Together (NHT). Setelah 8 kali pertemuan, kedua kelas diberikan posttest. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan rumus t didapat hasil t-hitung 2.25 lebih besar dari t-tabel 1.67. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi “siswa yang diajar dengan menggunakan Numbered Heads Together (NHT) mempunyai kemampuan speaking yang lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan Conventional Grouping pada kelas X SMA 1 Tilatang Kamang” diterima. Berdasarkan hasil tes speaking siswa, diketahui bahwa nilai grammar, vocabulary, comprehension dan pronunciation siswa kelas experimen lebih baik dari siswa kelas kontrol. Namun pada aspek fluency, nilai kedua kelas tidak lebih baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan speaking siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan speaking siswa,Teknik Cooperative Learning,SMA 1 Tilatang Kamang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PB Modern European Languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:27 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25182 |