Wahdi, Jamal (2011) Hubungnan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Otomotif SMK YPTN Bangkinang Tahun Ajaran 2010-2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_JAMAL WAHDI-57592-2011.pdf [thumbnail of final_B1_JAMAL WAHDI-57592-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_JAMAL WAHDI-57592-2011.pdf
Download (291kB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji masalah hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik otomotif SMK YPTN Bangkinang tahun ajaran 2010-2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif SMK YPTN Bangkinang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif SMK YPTN Bangkinang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif SMK YPTN Bangkinang tahun ajaran 2010-2011. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan berpedoman rumus yang dikemukakan oleh slovin dalam husein (2009: 77) dan sampelnya diperoleh sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket. Sebelum digunakan sebagai alat pengumpulan data terlebih dahulu dilakukan uji validditas dan uji reliabilitas item untuk menentukan kelayakan dari item yang akan diajukan dalam penelitian. Kemudian data yang telah terkumpul dilakukan pengujian persyaratan analisis dengan menggunakan analisis normalitas dan lineritas data, koefisien korelasi product moment, dan analisis koefisien determinasi untuk menghitung besarnya hubungan antara variabel disiplin belajar (X) terhadap variabel hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif (Y). Berdasarkan hasil perhitungan antara variabel X dengan variabel Y diperoleh koefisien korelasi (r ) hitung adalah sebesar 0,4239. Sedangkan pada tabel interprestasi koefisien korelasi berada pada tingkat hubungan yang cukup. Hal ini menunjukkan bahwa antara disiplin belajar siswa terdapat hubungan yang cukup xy terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik otomotif SMK YPTN Bangkinang. Kemudian dari nilai koefisien korelasi rtersebutt dapat diketahui besarnya hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif sebesar 17,96%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif SMK YPTN Bangkinang tahun ajaran 2010-2011.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan Disiplin Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:27 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25179 |