Penggunaan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai Tahun Pelajaran 2011/2012.

Oktavianas, Reni (2012) Penggunaan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Reni oktavianas (86160).pdf] Text
final_B1_Reni oktavianas (86160).pdf

Download (639kB)

Abstract

Hasil belajar dan aktivitas siswa di SMP Negeri 2 Batang Anai masih rendah dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan siswa kurang memahami materi pelajaran. Pada proses pembelajaran kebanyakan siswa tidak mempersiapkan diri sebelum belajar, pasif dan tidak mau bertanya. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dan menambah pemahaman konsep siswa terhadap materi pelajaran adalah strategi The Firing Line. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “1) Bagaimanakah aktivitas belajar matematika siswa dengan mengunakan strategi The Firing Line di kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai tahun pelajaran 2011/2012, 2) Apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi The Firing Line lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai tahun pelajaran 2011/2012 . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai sedangkan sampel adalah siswa kelas VIII 3 dan VIII SMP Negeri 2 Batang Anai yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011. Kelas eksperimen adalah kelas VIII 4 dan kelas kontrol kelas VIII 3 4 . Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar berupa tes essay. Dari hasil analisis data diperoleh aktivitas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai cendrung meningkat pada tiap-tiap pertemuan setelah mengunakan strategi The Firing Line. Rata-rata nilai untuk kelas eksperimen adalah 74,18, sedangkan pada kelas kontrol adalah 67,86. Dari analisis data, pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan sofware Minitab diperoleh P-value = 0,048, 4 karena P-value < taraf nyata ( = 0,05) maka hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi The Firing Line lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai tahun pelajaran 2011/2012

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi The Firing Line,Aktivitas belajar,SMP Negeri 2 Batang Anai
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 23 Sep 2025 04:11
Last Modified: 23 Sep 2025 04:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25177

Actions (login required)

View Item
View Item