Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi melalui Proses Menulis bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 37 Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang

Jalimas, Jalimas (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi melalui Proses Menulis bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 37 Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JALIMAS_09691_4126_2011.pdf] Text
final_B1_JALIMAS_09691_4126_2011.pdf

Download (214kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SD Negeri 37 Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang, bahwa kemampuan menulis karangan eksposisi kurang memuaskan dan pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal, sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi bagi siswa SD dapat dilakukan melalui proses menulis yang meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, yang terdiri dari prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan, 3) penilaian. Tujuan dari PTK ini adalah untuk mendeskripsikan tahap prapenulisan, saat penulisan dan pascapenulisan tersebut melalui proses menulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 37 Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang dengan jumlah 21 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan hasil karangan siswa Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini mengalami peningkatan, siklus I rata-rata nilai belajar siswa 6,8, sedangkan pada siklus II meningkat rata-rata 7,4. Dari hasil pengamatan dan nilai yang diperoleh siswa terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap proses pembelajaran, yaitu tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Pada tahap penilaian, guru tidak hanya melaksanakan penilaian hasil tetapi juga penilaian proses. Maka pada penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa peningkatan kemampuan menulis karangan eksposisi melalui proses menulis dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi, Proses Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 23 Sep 2025 04:11
Last Modified: 23 Sep 2025 04:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25172

Actions (login required)

View Item
View Item