Lizarti, Lizarti (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi melalui Penerapan Model Pembelajaran Integrative Learning Design Framework (ILDF) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LIZARTI_83503_4047_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LIZARTI_83503_4047_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LIZARTI_83503_4047_2011.pdf
Download (244kB)
Abstract
Skripsi ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan peningkatan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sijunjung melalui penerapan model pembelajaran Integrative Learning Design Framework (ILDF). Pengumpulan data dilakukan melalui dua alat utama, yaitu tes dan nontes. Tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis paragraf argumentasi, sedangakan nontes digunakan untuk menumpulkan data penerapan model pembelajaran Integrative Learning Design Framework (ILDF) dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptis-analitis sesuai dengan penerapan konsep penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, penerapan model pembelajaran Integrative Learning Design Framework (ILDF) dalam dua siklus (enam kali tatap muka) dapat meningkatkan secara signifikan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Sijunjung dengan rata-rata peningkatan 14,94%. Kedua, siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Sijunjung cenderung menilai positif penerapan model pembelajaran Integrative Learning Design Framework (ILDF) dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MENULIS ARGUMENTASI, INTEGRATIVE LEARNING DESIGN FRAMEWORK |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:51 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25166 |