Hazari, Harry (2012) Korelasi Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Teknik Las Dasar Siswa Kelas XI Mesin Otomotif SMKN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HARRY_HAZARI_94164_405_2012.pdf [thumbnail of final_B1_HARRY_HAZARI_94164_405_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HARRY_HAZARI_94164_405_2012.pdf
Download (785kB)
Abstract
Hasil belajar siswa dipengaruhi salah satunya oleh faktor yang berasal dari
diri siswa itu sendiri. Dalam proses pembelajaran pada mata Diklat Teknik Las
Dasar siswa kelas XI Mesin Otomotif SMKN 1 Padang masih banyak hasil belajar
siswa yang berada dibawah standar ketuntasan yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 7,
sementara kehadiran guru 93,33 % (14/15x100) dan fasilitas teknik las dasar
memadai. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satu diantaranya
adalah kebiasaan belajar. Penelitian ini bersifat deskriptif, yang bertujuan untuk
mengetahui apakah kebiasaan belajar berkontribusi terhadap hasil belajar dan
mengetahui seberapa besarkah kontribusi kebiaasaan belajar terhadap hasil belajar
pada Mata Diklat Teknik Las Dasar siswa kelas XI mesin Otomotif SMKN 1
Padang. Penyusunan kerangka teori bertitik tolak dari teori-teori dan hasil
penelitian yang relevan.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Mesin Otomotif SMKN 1
Padang yang berjumlah 110 orang dan sampelnya sebesar 53 orang dengan teknik
pengambilannya yaitu Ramdom Sampling menggunakan rumus dari Taro Yamane.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Sebelum
digunakan sebagai alat pengumpul data terlebih dahulu dilakukan uji coba
kevalidan item dengan rumus product moment dan reliabilitas (keterpercayaan
item) dengan menggunakan rumus Alpha. Kemudian data yang telah terkumpul
dianalisis menggunakan analisis uji normalitas, regresi linearitas dan analisis
korelasi product moment serta koefisien kontribusi.
Hasil analisis menunjukkan korelasi kebiasaan belajar terhadap hasil
belajar pada mata diklat teknik las dasar pada taraf signifikan 0,05 dengan besar
koefisien korelasinya (r) 0,785 sebesar 61,62 %, artinya terdapat korelasi yang
berarti antara variabel kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada Mata Diklat
Teknik Las Dasar siswa kelas XI SMKN 1 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:51 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25162 |