Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Payakumbuh.

Fitrina, Mustika (2011) Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MUSTIKA_FITRINA_76932_5059_2011.pdf] Text
final_B1_MUSTIKA_FITRINA_76932_5059_2011.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kebiasaanmembaca dengan kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2Payakumbuh. Dalam penelitian ini, variabel bebas adalah kebiasaan membaca (X)dan variabel terikat adalah kemampuan menulis argumentasi (Y). Jenis penelitianini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen dalampenelitian ini menggunakan angket dan tes unjuk kerja.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Payakumbuhyang terdaftar tahun 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 178 orang yangtersebar dalam enam kelas. Penarikan sampel penelitian dilakukan dengan carapropotional random sumpling. Analisis data yang dilakukan dengan cara berikut(1) memberikan skor terhadap angket kebiasaan membaca; (2) memeriksa hasiltulisan siswa sesuai dengan aspek yang dinilai; (3) mencatat skor siswa; (4)menentukan nilai siswa dengan menggunakan rumus persentase; (5) menafsirkankemampuan menulis argumentasi berdasarkan rata-rata hitung (M); (6)mengelompokkan kemampuan menulis argumentasi siswa dengan menggunakanskala 10; (7) mengkorelasikan kebiasaan membaca dengan kemampuan menulisargumentasi dengan menggunakan koefisien korelasi product moment; (8)melakukan pengujian hipotesis untuk menentukan keberartian kedua korelasi.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwaterdapat korelasi antara variabel kebiasaan membaca dengan variabel kemampuanmenulis argumentasi siswa kelas X SMA Nergeri 2 Payakumbuh dengan nilai rsebesar 0,497 setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t, diperoleh nilai thitung > t table (5,74 > 1,70) dengan dk n-2 (35-2=33) dan taraf signifikan 95%yaitu sebesar dari hasil korelasi tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapathubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulisargumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEBIASAAN MEMBACA, MENULIS ARGUMENTASI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:51
Last Modified: 23 Sep 2025 03:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25159

Actions (login required)

View Item
View Item