Ayu, Mega Putri (2009) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MEGA PUTRI AYU.pdf [thumbnail of final_B1_MEGA PUTRI AYU.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MEGA PUTRI AYU.pdf
Download (78kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman siswa terhadap bacaan melalui pembelajaran kooperatif
menggunakan tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Hipotesis penelitian ini adalah
peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pembelajaran kooperatif
tipe CIRC pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 29 Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek
penelitian siswa kelas VIII-2 yang berjumlah sebanyak 45 orang. Data penelitian
ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat kegiatan
peneliti dan siswa pada siklus I dan siklus II. Selain itu, pemberian tes untuk
melihat peningkatan kemampuan membaca pemahaman bacaan siswa, dan
wawancara dengan siswa tentang penerapan pembelajaran kooperatif
menggunakan tipe CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis persentase.
Hasil pembahasan menunjukkan peningkatan dalam pembelajaran
membaca pemahaman melalui pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Hal tersebut
dapat dilihat berdasarkan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa dari
prasiklus sampai siklus II. Pada tahap prasiklus rata-rata nilai siswa yaitu 25,56
dengan klasifikasi kurang sekali. Pada siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 45,56
dengan klasifikasi hampir cukup, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa
mengalami peningkatan yaitu 77,33 dengan klasifikasi baik. Pada data tersebut
dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dari tahap prasiklus
sampai siklus I terjadi peningkatan sebesar 20% dan dari siklus I sampai siklus II
terjadi peningkatan sebesar 31,77 %.
Berdasarkan hasil yang diperoleh siswa, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:38 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25155 |