Perbedaan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi DRTA dan tanpa Strategi DRTA Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman.

Efendi, Mustika (2011) Perbedaan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi DRTA dan tanpa Strategi DRTA Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MUSTIKA_EFENDI_86396_5107_2011.pdf] Text
final_B1_MUSTIKA_EFENDI_86396_5107_2011.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membacapemahaman siswa dengan menggunakan strategi DRTA pada kelas eksperimendan kemampuan membaca pemahaman tanpa strategi DRTA pada kelas kontrol,serta menganalisis”Perbedaan Kemampuan Membaca Pemahaman MenggunakanStrategi DRTA dan tanpa Strategi DRTA Siswa Kelas VII SMP Negeri 4Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metodeeksperimen semu atau quasi experimental research. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman yang terdaftar pada tahun pelajaran2010/2011 sebanyak 210 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang yangdiambil dengan teknik purposive sampling.Data penelitian ini adalah nilai kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 4Pariaman. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan rumusrata-rata hitung, dan uji-t untuk mengetahui perbedaan kemampuan membacapemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman dengan menggunakanstrategi DRTA dan tanpa strategi DRTA.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan daripenelitian ini sebagai berikut. (1) Kemampuan membaca pemahamanmenggunakan strategi DRTA siswa kelas eksperimen berada pada kualifikasilebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata 75,33. (2) Kemampuan membacapemahaman tanpa menggunakan strategi DRTA siswa kelas kontrol berada padakualifikasi cukup (C) dengan rata-rata 59,43. (3) Terdapat perbedaan yangsignifikan antara pembelajaran dengan menggunakan strategi DRTA dan tanpastrategi DRTA siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman dengan thitung 4,22 danttabel 1,70.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA, STRATEGI DRTA, PEMBELAJARAN BAHASA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:38
Last Modified: 23 Sep 2025 03:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25153

Actions (login required)

View Item
View Item