Persepsi Siswa terhadap Strategi Pembelajaran yang Dilaksanakan Guru Seni Budaya Bidang Studi Seni Rupa di SMP Pembangunan Padang

Marni, Liza (2011) Persepsi Siswa terhadap Strategi Pembelajaran yang Dilaksanakan Guru Seni Budaya Bidang Studi Seni Rupa di SMP Pembangunan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LIZA_MARNI_72824_2465_2011.pdf] Text
final_B1_LIZA_MARNI_72824_2465_2011.pdf

Download (426kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh informasi tentang bagaimana persepsi siswa terhadap strategi pembelajaran yang dilaksanakan guru seni budaya bidang studi seni rupa di SMP Pembangunan Padang. Berdasarkan hasil pengamatan di SMP Pembangunan Padang, persepsi siswa terhadap strategi pembelajaran yang dilaksanakan guru seni budaya bidang studi seni rupa, masih banyak permasalahan, yaitu: (1) siswa kurang disiplin dalam proses pembelajaran ( datang terlambat); (2) siswa sering ribut; (3) siswa sering keluar kelas; (4) guru cendrung menggunakan metode ceramah; (5) banyak yang tidak membuat tugas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, dengan kata lain prosedur pemecahan masalah yang diselidiki yaitu dengan menggambarkan atau melukiskan tentang keadaan subjek atau objek penelitian yang ada pada masa sekarang. Populasi pada penelitian ini berjumlah 570 orang, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 86 orang dengan mengunakan teknik stratified random sampling kelas VII diambil 30 orang, kelas VIII diambil 29 orang, dan kelas IX diambil 27 orang. Persepsi siswa terhadap strategi pembelajaran yang dialaksankan guru seni budaya bidang studi seni rupa di SMP Pembangunan Padang, dijaring dengan menggunakan angket, kemudian dikembangkan dan diuji cobakan terlebih dahulu sebelum diedarkan kepada siswa yang menjadi populasi bukan sampel. Hasil penelitian menunjukan persepsi siswa terhadap strategi pembelajaran yang dilaksanakan guru seni budaya bidang studi seni rupa sangat baik, hal ini dapat dilihat dari skor angket yang diisi oleh siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:37
Last Modified: 23 Sep 2025 03:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25152

Actions (login required)

View Item
View Item