Analisis Catatan Tulis dan Susun Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 21 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011

Soffiani, Liza (2011) Analisis Catatan Tulis dan Susun Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 21 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LIZA SOFFIANI_72940_2011.pdf] Text
final_B1_LIZA SOFFIANI_72940_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi di SMP Negeri 21 Padang terlihat bahwa siswa tidak siap mengikuti pembelajaran karena banyak diantara siswa yang tidak memiliki catatan ataupun buku pegangan. Padahal catatan mempunyai peranan penting untuk membantu siswa dalam meningkatkan daya ingat terhadap materi. Maka pada penelitian diterapkan teknik catatan tulis dan susun untuk membantu siswa dalam meningkatkan kesiapan belajar serta hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membuat catatan tulis dan susun siswa kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah di kelas VII SMP Negeri 21 Padang dan bagaimana hasil belajar siswa dengan penerapan catatan tulis dan susun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah The One Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMPN 21 Padang dan teknik penentuan sampel adalah purposive sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas VII H yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan teknik catatan tulis dan susun. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes akhir berupa soal uraian dan analisis catatan tulis dan susun siswa dengan rubrik penskoran Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa siswa kelompok tinggi dan rendah lebih mampu menulis catatan tulis dan susun dibandingkan siswa kelompok sedang. Selain itu pembelajaran matematika dengan teknik catatan tulis dan susun dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mencapai nilai di atas KKM yaitu sebanyak 85%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:17
Last Modified: 23 Sep 2025 03:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25149

Actions (login required)

View Item
View Item