Peningkatan Hasil Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Seni Tari dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VII B di SMP N 2 Padang Panjang

Fitrisiya, Diana (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Seni Tari dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VII B di SMP N 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DIANA_FITRISIYA_1340_2015.pdf] Text
final_B1_6_DIANA_FITRISIYA_1340_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan,
dan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VII B di SMP N 2
Padang Panjang.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kualitatif di lengkapi dengan data kuantitatif. Objek penelitian adalah siswa kelas
VII B sebanyak 29 orang siswa.
Hasil penelitian siklus 1 menunjukkan hasil pengamatan terhadap RPP
adalah 75% ( Baik ) meningkat menjadi 93% ( Sangat Baik) pada siklus 2.
Aktifitas guru pada siklus 1 adalah 79% ( Baik) meningkat menjadi 95% ( Sangat
Baik) pada siklus 2, sedangkan aktifitas siswa sklus 1 adalah 83% (Baik)
meningkat menjadi 97% (Sangat Baik) pada siklus 2. Dan dengan hasil belajar
rata-rata siswa siklus 1 adalah 78 meningkat menjadi 88 pada siklus 2. Peneliti
mengambil simpulan pada penelitian ini bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), dapat
meningkatkan hasil belajar Seni Tari siswa kelas di Kelas VII B di SMP N 2
Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:15
Last Modified: 23 Sep 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25146

Actions (login required)

View Item
View Item